Tahun Ini Bogor Bakal Punya 15 Taman Baru
Share on :
foto: hellobogor.com

Sampai akhir tahun 2015, Kota Bogor akan memiliki 15 taman baru yang tersebar di pusat Kota Bogor. Pembangunan 15 taman baru ini merupakan salah satu program Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang akan mewujudkan Kota Bogor sebagai kota seribu taman.

Kepala Bidang Pertamanan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Yadi Cahyadi mengatakan, dari ke 15 taman itu harus rampung hingga akhir tahun 2015 ini. Dari 15 taman, delapan taman diantaranya menggunakan biaya APBD 2015 Kota Bogor sebesar Rp 10 miliar, dua taman dibangun menggunakan dana bantuan Pusat dan hibah Pemprov Jawa Barat.

"Dan lima taman lainya dibangun menggunakan dana bantuan corporate social responsibility(CSR) perusahaan swasta," katanya, Rabu (16/9/2015).

Menurut Yadi, taman-taman yang menggunakan dana APBD Kota Bogor, diantaranya taman ekspresi Sempur dengan luas 4.000 meter sebesar Rp 2 miliar, Taman Kencana dengan luas 8.000 meter dengan biaya Rp 2 miliar, taman vertikal yang menempel di tiang penyangga tol BORR, sebesar Rp 1,9 miliar, Taman median jalan R3, dengan nilai Rp 1 miliar dan taman Grafiti, dengan biaya sebesar Rp 440 juta.

Selain itu kata Yadi, taman Pangrango dibangun dengan biaya Rp 400 juta, Taman Median Jalan Kapten Muslihat Rp 200 juta, dan Taman Vertikal Jalan Mayor Oking dengan nilai Rp 400 juta. "Saat ini taman yang sedang dalam pembangunan adalah taman kreasi, Taman Kencana, yang konsepnya seperti lokasi taman pada tahun 1950 lalu," katanya.

Untuk taman yang dibangun menggunakan dana CSR perusahaan swasta adalah taman Air Mancur, Taman Bogor, Taman Setral Park, Taman Mandiri dan Taman vertikal di bawah papan iklan Terminal Baranangsiang.


Lihat koleksi Kaos Bogor Prime 38 di sini

Untuk taman yang dibangun menggunakan dana bantuan Kementrian PU, yakni taman hijau edukasi di lapangan Heulang, dengan anggaran Rp 5 miliar.

"Taman ini nantinya berfungsi untuk wahana belajar dan pengenalan pohon, yang dilengkapi dengan failitas joging track, arena bermain, dan track bagi penderita disabilitas," ujarnya.

Sedangkan taman bantuan dari Pemprov Jawa Barat yakni taman burung atau taman hutan kota dengan anggaran Rp 1,2 miliar.

"Berdasarkan perencanaan taman ini seharusnya anggarannya Rp 3 miliar, akan tetapi dana yang turun dari Pemprov Jabar hanya mengucurkan Rp 1,2 sehingga belum rampung. Rencananya untuk menyelesaikan taman ini sisanya akan menggunakan APBD Kota Bogor," katanya. (Sumber: wartakota.tribunnews.com)


Regards
Bogor Prime 38 Clothing
Official Mini Store
Jl. Pahlawan Bondongan Gg Raden Saleh (Seberang Ayam Goreng Aroma 1) Bogor

0 Reviews:

Post a Comment